“MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DINAMIS”

Standar

Media pembelajaran berasal dari kata media dan pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar sedangkan pembelajaran merupakan proses pengalaman belajar siswa melalui suatu interaksi. AECT (Association of Education and Communication Technology) dalam Arief Sadiman dkk (2003a:6) mendefinisikan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.

Media pembelajaran merupakan sumber belajar bagi siswa dalam upaya peningkatan hasil belajarnya, dalam kaitan ini Arief Sadiman dkk (2003b:5) membagi beberapa jenis sumber belajar yaitu:

1. Bahan (Materials) atau yang biasa dikenal dengan perangkat lunak
(software) seperti buku, modul, majalah, OHT.

2. Alat (Device) atau dikenal dengan perangkat keras (hardware) seperti
projector film, projector overhead, video tape, cassette recorder, TV.

3. Teknik yaitu prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan alat,
bahan, orang dan lingkungan untuk menyajikan pesan. Seperti teknik demontrasi,
ceramah, tanya jawab, belajar mandiri.

4. Lingkungan atau Setting yaitu tempat yang memungkinkan siswa belajar
seperti gedung sekolah, museum, perpustakaan dan lain – lain.

Tahapan dalam pembuatan sebuah Multimedia Pembelajaran
1. Tahap analisis
pada tahap ini ditetapkan tujuan pengembangan software baik dari pelajar, guru maupun dari lingkungan. Untuk keperluan tersebut, analisis dilakukan dengan kerjsama antara guru dan pengembang software dengan mengacu pada kurikulum.


2. Tahap desain
Tahap ini meliputi penentuan unsur-unsur yang perlu dimuatkan dalam software yang akan dikembangakan sesuai dengan desain pembelajaran. Proses desain pengembangan software pembelajaran meliputi 2 aspek desain yaitu : aspek model ID (desain instruksional) dan aspek isi pengajaran yang akan di berikan.

3. Tahap pengembangan
Didasarkan pada desian pembelajaran, maka dibuat papan cerita (story board). Selanjutnya software dikembangkan hingga menghasilkan prototype software pembelajaran. Tahap pengembangan software meliputi langkah-langkah : penyediaan papan cerita, carta alir, aturcara, menyediakan grafik, media (suara dan video) dan mengintegrasikan system. Setelah pengembangan software selesai, maka penilaian terhadap unit-unit software tersebut dilakukan dengan menggunakan rangkaian penilaian software multimedia. Penilaian terhadap software pembelajaran meliputi penilaian terhadap “teks, grafik, suara, musik, video, animasi dan kegiatan pembelajaran di dalamnya. Langkahnya mengikuti alur sebagai berikut :


4. Tahap implementasi
Pada tahap ini software di ujicobakan kepada peserta didik dengan disesuaikan pada model pembelajaran yang diterapkan. Software multimedia yang di kembangkan bersumber dari bahan pelajaran, dari buku, lingkungan, pengalaman dan lain-lain. Dengan demikian peserta didik menjadi termotivasi untuk membaca dan perasaan ingin tahunya menjadi meningkat, dalam hal ini peranan guru selain menjadi fasilitator juga unutuk mengontrol perkembangan belajar peserta didik secara objektif.

5. Tahap penilaian
Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan software yang dikembangkan diperlukan penilaian. Tahap penilaian merupakan tahap yang ingin mengetahui kesesuaian software multimedia dengan program pembelajaran. Penekanan penilaian ditentukan ditentukan seperti untuk penilaian di dalam kemampuan literasi computer, literasi materi pelajaran dan tahap motivasi peserta didik.

Sumber : Pedoman teknologi informasi dan komunikasi oleh : Dr. H. Munir M.it

MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN FLASH
Jikalau anda membuat sebuah media pembelajaran dengan flash.. katakanlah itu media pembelajaran fisika, media pembelajaran kimia, geografi dsb. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan menjadi sebuah syarat wajib yang musti ada di dalam multimedia pembelajaran, lembar evaluasi merupakan salah satu syarat wajib yang musti ada di dalam sebuah multimedia pembelajaran. Evaluasi ini bisa berbentuk game, simulasi maupun soal soal biasa. nah.. dalam tutorial kali ini sya akan menjelaskan tentang cara membuat sebuah form soal sederhana dalam flash, dan terdapat hasil perolehan nilai di akhir lembar jawaban soal.. and here the tutorials

tutorial kali ini memang sangat sederhana.. tapi mudah mudahan bisa menjadi konsep awal bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat sebuah soal di flash.. saya tulis tutorial kali ini karena saya jadi inget beberapa minggu yang lalu saat sidang skripsi saya..haha..saya banyak di kritik oleh itu dosen penguji ya gara gara tidak adanya evaluasi dalam multimedia yang saya buat..hoho.. langsung aja yyaa…

1. buatlah sebuah dokumen bebas dengan ukuran sesuka anda..

2. buatlah 2 layer yang pertama adalah layer untuk tulisan (soal dan pilihan jawaban) kemudian layer yang kedua adalah layer untuk tombol jawaban,

3. buatlah frame per frame pada tiap layer dengan menggunakan insert keyframe sehingga tiap layer mempunyai 6 frame (5 frame untuk soal dan 1 frame untuk hasil nilai) sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini

4. pada layer tombol isikan script stop(); per framenya, khusus untuk frame pertama tambahkan script score = 0; (hal ini dimaksudkan untuk mendefinisikan nilai awal si penjawab soal)

5. kemudian tambahkan juga pada frame terakhir di layer tombol (frame ke 6) estela script stop(); tambahkan script hasil = (score*4)/2; (script ini berfungsi untuk menambahkan jumlah yang benar sehingga nilai maksimumnya adalah 10)

6. masukan soal personal pada layer soal pada tiap frame memiliki soal yang berbeda, karena pada tutorial kali ini kita membuat hanya 5 frame saja maka soal yang dimasukan hanya 5 soal saja

7. selanjutnya adalah membuat tombol untuk layer tombol, tombol ini nantinya akan menimpa jawaban pada layer soal sehingga ketika kita sorot pilihan jawaban maka si kursor akan mendeteknya sebagai tombol,

8. buatlah tombol bulat seperti pada gambar di atas sehingga tombol tersebut menutupi pilihan jawaban a. b. c. dan d

9. estela tombol dibuat (dan di copi pada seluruh frame di layer tombol) maka selanjutnya adalah klik tombol tersebut dan masukan script sebagia berikut
on (release) {nextFrame();
}

10. masukan script tersebut pada seluruh tombol, kecuali pada pilihan jalaban yang benar maka tambahkan script store++ diantara script yang tadi, (scriptnya menjadi on (release) {nextFrame(); score++;}

11. tambahkan script tersebut pada frame selanjutnya dan pada tombol dengan pilihan jalaban yang benar, misalkan pilihan yang benar untuk soal nomor 2 adalah a maka tambahkan script tersebut pada tombol yang menutupi pilihan jalaban a.. gampang kan??

12. langkah terakhir adalah membuat sebuah wadah untuk hasil jawaban kita.. nah masukan sebuah input teks pada layer tombol frame ke-6

13. set nama var nya menjadi hasil seperti pada gambar di bawah ini

14. dan selesai..!!! untuk memudahkan buatlah sebuah tombol untuk mencoba kembali soal-soal tersebut…

15. nah selanjutnya hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini

16. jika anda masih bingung silahkan anda downloads file .fla nya disini
DOWNLOADS

MEMBUAT JAM ANALOG

1. Buatlah sebuah dokumen baru.. ukuran dokumen yang saya gunakan adalah 350x 350 dengan 30 fps.
2. Buatlah 2 buah layer layer pertama beri nama wadah dan layer kedua beri nama jarum.

3. Yang pertama adalah kita akan membuat wadah untuk tempat jamnya.. saya membuatnya seperti ini :

4. Yang kedua adalah membuat jarum jamnya.. buatlah jarum jam dengan menggunakan line tools 3 buah jarum jam yang pertama jarum terpendek untuk angka jam.. jarum sedang untuk menit dan jarum panjang untuk detik..
bedakan warna nya, saya membuatnya seperti ini

5. Blok satu persatu dan ubahlah jarum jam tersebut menjadi 3 buah movie clip, yakni movie clip untuk jarum jam movie clip untuk jarum menit dan movie clip untuk jarum menit

6. Setelah ketiga jarum tersebut dirubah menjadi movie clip. Sekarang kita akan memasukan script pada ketiga movie clip tersebut. Yang pertama pada movie clip jam, sorot/klik jarum jam tersebut kemudia klik F9 (untuk menampilkan layar action script) atau bisa juga dengan mengklik kanan jarum jam kemudian pilih Actions, isikan script pada jarum jam :

onClipEvent(enterFrame)
{
var jam:Date=new Date();
if(jam.getMinutes()>=0 && jam.getMinutes()<12)
{
_rotation=((jam.getHours()+6) * 30);
}
else if(jam.getMinutes()>=12 && jam.getMinutes()<24)
{
_rotation=((jam.getHours()+6) * 30)+6;
}
else if(jam.getMinutes()>=24 && jam.getMinutes()<36)
{
_rotation=((jam.getHours()+6) * 30)+12;
}
else if(jam.getMinutes()>=36 && jam.getMinutes()<48)
{
_rotation=((jam.getHours()+6) * 30)+18;
}
else if(jam.getMinutes()>=48)
{
_rotation=((jam.getHours()+6) * 30)+24;
}
}

Setelah memasukan script pada jarum jam sekarang kita akan memasukan script pada jarum menit, dan scriptnya adalah :

onClipEvent(enterFrame)
{
var mnt:Date=new Date();
_rotation=(mnt.getMinutes()+30) * 6 ;

}

dan yang terakhir adalah kita akan memasukan script pada jarum detik, dan script nya adalah :

onClipEvent(enterFrame)
{
var dtk:Date=new Date();
_rotation=(dtk.getSeconds()+30) * 6;
}

One response »

  1. Kurnia YUDHA.U ( 4KA21 ) -> Kelas Depok, MALAM ( S1 / SI )

    PENDAPAT SAYA :
    ———————-
    Semoga dengan diterbitkan multimedia pembelajaran dinamis ini dapat bermanfaat u, sobat UG SEMUA,,,]/

    DAN SAYA rasa program ini menarik, dan dinamis,,, SUKSES….” ILMU ITU SANGAT BERHARGA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s