Etika di Bidang Teknologi Informasi

Standar
  • Definisi Etika
  • Kata etika berasal dari kata ethos dalam bahasa Yunani, mempunyai banyak arti dalam kehidupan sehari-hari yaitu adat, akhlak, karakter, sifat, watak kesusilaan, perasaan, cara berpikir seseorang atau banyak orang, kebiasaan dan lain sebagainya. Jadi dapat kita simpulkan, etika adalah norma-norma dan nilai-nilai moral yang menjadi pedoman seseorang atau banyak orang untuk mengatur akhlak dan tingkah lakunya. Etika merupakan suatu subjek, etika sangat berkaitan erat dengan konsep yang dimiliki oleh seorang manusia atau banyak manusia untuk menilai apakah perbuatan-perbuatan yang telah dilakukannya itu benar atau salah, baik atau buruk.

    Etika dan Teknologi Informasi

    Teknologi adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia dalam rangka untuk memudahkan pekerjaannya. Informasi adalah sesuatu yang dapat kita ketahui, baik dari teman, keluarga, masyarakat, ataupun dari teknologi itu sendiri. Kemajuan teknologi informasi telah membawa kita ke arah perubahan dan pergeseran budaya dan etika. Dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini ibarat revolusi atau perubahan yang memberikan banyak perubahan pada pola berpikir manusia, baik dalam rangka untuk memudahkan pekerjaan, memecahkan masalah, perancangan atau konseptual, maupun dalam pengambilan keputusan. Revolusi yang terjadi pada pola berpikir manusia tadi akan berpengaruh terhadap cara pandang dan implementasi manusia terhadap norma-norma dan etika dalam kehidupannya sehari-hari. Dahulu, orang-orang biasanya berinteraksi secara fisik atau tatap muka, melakukan komunikasi tanpa perantara dengan orang lain. Lain lagi sekarang, orang banyak berkomunikasi lewat perantara dan tidak berkomunikasi secara tatap muka (face to face). Itu disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Kebanyakan orang-orang sekarang menggunakan teknologi informasi untuk berkomunikasi sekaligus berinteraksi.

    Internet, adalah salah satu teknologi informasi ciptaan manusia yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain tanpa batas. Perkembangan dan kemajuan internet sekarang ini sudah menjadi klimaksnya. Dalam internet orang-orang bisa melakukan apa saja, antara lain browsing dengan google, mengirim e-mail, facebook-an, twitter-an, upload, download, bahkan mengakses situs porno pun juga bisa. Pada poin terakhir inilah etika seseorang berperan dalam menggunakan internet secara sehat. Perkembangan internet tidak lepas dari sisi positif dan sisi negatifnya. Oleh karena itu, pakailah internet secara sehat dan harus disadari dengan etika dan moral yang tinggi. Dengan kemajuan teknologi informasi kita harus tetap memiliki peraturan, etika dan sopan santun. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet.

    Pada prinsipnya, teknologi informasi hanyalah perangkat yang digunakan oleh manusia untuk menjawab tantangan hidup. Oleh karena itu, faktor manusia dalam teknologi informasi sangatlah penting. Ketika manusia membiarkan dirinya dikuasai oleh teknologi, maka manusia yang lain akan mengalahkannya. Oleh karena itu, pendidikan manusiawi termasuk pelaksanaan norma dan etika kemanusiaan tetap harus berada pada peringkat teratas, serta tidak hanya melakukan pemujaan terhadap teknologi belaka.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s