ETIKA PROFESI DI BIDANG TI

Standar

Dalam masa sekarang ini, informasi tentang perkembangan komputer dipandang sebagai aset atau sumber yang sangat penting dan setara dengan sumber-sumber lain.Sehingga diperlukan suatu manajemen atau keahlian khusus dalam mengolah informasi yang berhubungan dengan komputer dengan dunia kerja,dengan kriteria yang berhubungan dengan keahlian pada masa kini maka kemampuan indipidu dari setiap orang sangatlah berbeda. Dengan demikian hak dan tanggung jawab setiap bidang propesi dan tanggung jawabnya berbeda-beda.

Sebagai seorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja, baik secara material maupun moril. Hal itu termasuk melaksanakan peran kita dengan baik sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam dunia pekerjaan secara berorganisasi.Teknologi Informasi  mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Karena TI ibarat pisau bermata dua, legal dan ilegal, baik dan buruk, maka mau tak mau berhubungan dengan etika. Jadi, dalam kebanyakan situasi didunia kerja, seseorang atau organisasi yang dihadapkan pada keputusan etika tidak mempertimbangkan apakah melanggar hukum atau tidak.

Banyaknya aplikasi dan penggunaan TI yang dapat menimbulkan berbagai isu etika profesi, yang dapat dikategorikan dalam empat jenis yaitu Isu privasi, Isu akurasi, Isu properti dan Isu aksesibilitas. Salah satu alasan sulitnya menegakkan etika di dunia TI adalah karena relatif barunya bidang ini. Tak seperti dunia kedokteran yang usianya sudah ratusan abad, bidang TI adalah profesi baru. Walaupun ada juga yang melanggar, dalam dunia kedokteran, etika profesi sangat dijunjung tinggi. Ini jauh berbeda dengan dunia TI, di mana orang sangat mudah melanggar etika. Orang masih meraba-raba batasan antara inovasi, kreatifitas, dan pelanggaran etika. Apalagi dunia ini hampir sepenuhnya digeluti oleh anak-anak muda yang kerap mengabaikan persoalan moralitas yang abu-abu.

Jadi ada beberapa standarisasi yang dapat ditetapkan didalam bidang TI seperti standarisasi menurut SRIG-PS SEARCC yang dibentuk karena adanya kebutuhan untuk mewujudkan dan menjaga standard profesional yang tinggi dalam dunia Teknologi Informasi, SRIG-PS diharapkan memberikan hasil sebagai terbentuknya Kode Etik untuk profesional TI, Klasifikasi pekerjaan dalam bidang TI serta panduan metoda sertifikasi dalam TI yang dapat dikeluarkan melalui instansi pemerintah maupun swasta.

Sumber :

http://4ies.wordpress.com/

http://blog.chibogacrew.com/2009/02/04/etika-komputer/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s